RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IV/2
Hari/ Tanggal : -
Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
I. STANDAR KOMPETENSI
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
II. KOMPETENSI DASAR
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat.
III. INDIKATOR
1. Menjumlahkan dua bilangan positif
2. Menjumlahkan dua bilangan negative
3. Menjumlahkan bilangan positif dan negatif
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjumlahkan dua bilangan positif.
2. Siswa dapat menulis kalimat penjumlahan bilangan positif dengan menggunakan “keping dua warna”.
3. Siswa dapat menjumlahkan dua bilangan negatif.
4. Siswa dapat menulis kalimat penjumlahan bilangan negative dengan menggunakan “keping dua warna”.
5. Siswa dapat menjumlahkan bilangan positif dan negatif.
6. Siswa dapat menulis kalimat penjumlahan bilangan positf dan negative dengan menggunakan “keping dua warna”.
V. MATERI POKOK
Penjumlahan bilangan bulat.
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO | LANGKAH KEGIATAN | PENGORGANISASIAN | |
KELAS | WAKTU | ||
1. | Kegiatan awal · Berdo’a bersama-sama, melakukan presensi, penertiban siswa. · Apersepsi: Mengondisikan siswa bertanya jawab tentang pengamatan lingkungan sekolah/kelas. · Eksplorasi Materi Mengondisikan siswa berdiskusi tentang kegiatan yang diamati di lingkungan sekolah/kelas, mengarah pada penjumlahan bilangan bulat. · Eksplorasi Tujuan Mengondisikan siswa untuk menemukan apa yang akan dicapai tentang belajar penjumlahan bilangan bulat. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 menit 3 menit 3 menit 3 menit |
2. | Kegiatan Inti · Eksplorasi Konsep Membagi siswa dalam kelompok (tiap kelompok 4-5 orang) Memfasilitasi media belajar berupa benda- benda konkret (keeping dua warna) dan LKS Mengondisikan siswa bekerja dalam kelompok sesuai dengan petunjuk dalam LKS Mengondisikan siswa untuk menyampaikan hasil kerja kelompok (presentasi) · Pemahaman Konsep Memandu diskusi tentang presentasi hasil kerja kelompok secara bergantian, untuk menyamakan persepsi mereka berdasarkan buku ajar yang mereka miliki · Penerapan Konsep Mengondisikan siswa untuk mengintegrasikan pengetahuannya dengan meninjau kembali materi yang dipelajari Memberikan penguatan terhadap hasil kerja kelompok. | Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Klasikal Klasikal | 2 menit 3 menit 15 menit 10 menit 5 menit 5 menit 2 menit |
3. | Kegiatan Akhir · Simpulan Mengondisikan kelas agar siswa dengan bimbingan guru mencoba membuat simpulan dari “konsep” yang telah dipelajari. · Evaluasi Melancarkan evaluasi dengan prosedur terlampir. · Refleksi Mengondisikan siswa untuk merefleksikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dan belum tersampaikan dalam pembelajaran · Tindak Lanjut Memberikan pendalaman/pengayaan tentang materi penjumlahan bilangan bulat untuk dipelajari secara mandiri. | Klasikal Individu Klasikal Klasikal | 3 menit 10 menit 3 menit 3 menit |
VII. METODE PEMBELAJARAN
v diskusi
v tanya jawab
v ceramah bervariasi
VIII. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media/ alat :
“keeping dua warna” (conter coin), LKS
Sumber :
1. Lingkungan sekitar
2. Buku siswa
3. Buku penunjang lainnya
· Panitia Sertifikasi Guru. 2009. Materi Bidang Studi SD. Malang: Depdiknas UM
· Khafid, M. Suyati. 2004. Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung 4. Jakarta: Erlangga.
· Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga
IX. PENILAIAN
1. Prosedur : proses dan hasil
2. Teknik penilaian : tes dan non tes
3. Jenis penilaian : lesan, tulis, perbuatan, dan pengamatan
4. Bentuk penilaian : obyektif
5. Alat penilaian : lembar soal dan lembar pengamatan
X. LAMPIRAN
1. Rangkuman Materi
2. Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
3. Soal, Kunci Jawaban, Pedoman Penskoran
4. Lembar Pengamatan/Observasi
5. Rubrik Penilaian
Trenggalek,
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
Selly Nurina Suraya,S.Si ..........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar